Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Cara Reset ke Setelan Pabrik di HP Android

Panduan Cara Reset ke Setelan Pabrik di HP Android

Reset pabrik pada perangkat Android Anda akan menghapus semua data dan aplikasi pribadi. Ini berarti bahwa informasi apa pun yang tersimpan dalam memori ponsel, seperti foto, video, dan pesan akan dihapus. 

Melakukan reset pabrik berbeda untuk setiap produsen, jadi kami telah menyusun panduan ini untuk membantu Anda mengetahui cara melakukannya di berbagai ponsel Android yang tersedia.

Mengatur Ulang ke Pengaturan Pabrik pada Ponsel Android

Dalam kebanyakan kasus, reset ke pengaturan pabrik akan membantu Anda memperbaiki masalah dan membuat ponsel Anda berfungsi seperti semula. Namun, ada beberapa pertimbangan yang perlu diingat saat melakukan reset pada perangkat Android:

  • Anda perlu mencadangkan data Anda sebelum melakukan proses.
  • Pastikan Anda telah menginstal versi terbaru dari sistem operasi.
  • Instal pembaruan yang tersedia untuk aplikasi dan layanan yang sudah diinstal sebelumnya pada ponsel Anda (misalnya: Google Play Services).

Peringatan: Melakukan pengaturan ulang pabrik pada ponsel Android Anda akan sepenuhnya menghapus semua data dan aplikasi pribadi.

Melakukan pengaturan ulang pabrik pada ponsel Android Anda akan sepenuhnya menghapus semua data dan aplikasi pribadi. Ini termasuk:

  • Akun Gmail Anda, termasuk kontak atau acara kalender yang tersimpan di cloud.
  • Isi penyimpanan internal (yang dapat Anda temukan dengan membuka Pengaturan > Penyimpanan).
  • Semua file yang telah diunduh ke kartu SD perangkat Anda.

Sebelum melakukan pengaturan ulang ini, sebaiknya Anda mencadangkan file atau foto penting apa pun dari perangkat Anda menggunakan Google Drive atau layanan cloud lainnya. 

Untuk melakukannya, buka Google Drive pada browser web di komputer Anda dan masuk ke akun Anda; lalu pilih opsi pencadangan dari menu di sebelah kiri (Anda memerlukan koneksi internet untuk ini). 

Jika Anda tidak mengunduh apa pun sebelum melakukan reset pabrik, maka Anda tidak memerlukan langkah ini!

Layanan seperti Google Drive dan Dropbox memungkinkan Anda untuk menyimpan file Anda di cloud. Jika sesuatu terjadi pada ponsel Anda, layanan ini akan memungkinkan akses ke file yang sama dari perangkat lain.

Anda juga dapat menggunakan hard drive eksternal atau kartu SD sebagai sumber cadangan untuk data ponsel Android Anda dengan menghubungkannya melalui kabel USB atau koneksi nirkabel dan kemudian menyalin informasi yang diperlukan ke dalamnya masing-masing (lihat artikel ini untuk detail lebih lanjut tentang cara melakukannya).

Anda dapat menghubungkan ponsel cerdas Anda melalui kabel USB atau melalui Wi-Fi dan kemudian menggunakan aplikasi seperti ES File Explorer (untuk Mac) atau Windows Explorer (untuk Windows) yang terletak di folder Start Menu sistem operasi masing-masing bersama dengan program lain seperti iTunes.

Baca Juga : Cara Mudah Reset Windows 10 ke Pengaturan Awal

Berikut ini adalah daftar produsen ponsel Android yang paling populer, bersama dengan langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan reset pabrik pada perangkat mereka.

Jika Anda ingin mengatur ulang ponsel Android Anda, berikut ini adalah daftar produsen ponsel Android paling populer, bersama dengan langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan reset pabrik pada perangkat mereka.

Samsung Galaxy

Untuk mengatur ulang ponsel Samsung Galaxy, buka Pengaturan > Sistem (atau Perangkat Lunak) > Atur Ulang. 

Kemudian ketuk Reset data pabrik dan ikuti petunjuknya. Jika Anda tidak melihat opsi ini, ponsel Anda mungkin memiliki versi Android yang lebih lama atau tidak ada fungsi pengaturan ulang pabrik bawaan; hubungi operator Anda atau Google untuk bantuan dengan perangkat tersebut.

HTC

Jika Anda memiliki ponsel HTC, Anda dapat menggunakan tombol khusus untuk mengatur ulang perangkat Anda. Tombol ini biasanya terletak di sisi kanan ponsel dan berlabel "Reset." 

Tekan dan tahan tombol ini setidaknya selama lima detik sampai Anda melihat halaman konfirmasi muncul di layar Anda. Ikuti langkah-langkah untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin mengatur ulang ponsel atau tablet Anda ke pengaturan pabrik.

Xiaomi

Buka Pengaturan > Sistem > Opsi Stel Ulang > Reset ke Setelan Pabrik

Jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang mengatur ulang ponsel Android Anda kembali ke pengaturan pabrik, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Kami akan menghubungi Anda secepatnya!