Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Sebelum Mulai Beriklan di Google Ads

Google Ads

Jika Anda baru mengenal Google Ads, ini bisa sedikit membingungkan. Tetapi jika Anda mempersiapkan diri sebelum mulai beriklan di Google Ads, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mengubah pelanggan baru menjadi pelanggan setia.

Lantas Apa Saja Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Mulai Beriklan di Google Ads?

Kenali merek Anda.

Langkah pertama adalah mengetahui merek Anda. Mengapa pelanggan membeli dari Anda? Apa yang membuatnya istimewa atau unik? Bagaimana Anda bisa membuat orang merasakan sesuatu ketika mereka mendengar nama Anda, atau melihat logo atau produk Anda?

Tetapkan tujuan Anda.

Saat Anda siap untuk mulai beriklan di Google Ads, penting untuk menentukan tujuan Anda. Sasaran harus terukur, dapat dicapai, dan relevan dengan bisnis. Sasaran juga harus terikat waktu.

Pilih kata kunci yang tepat.

Anda harus memilih kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

Kata kunci mana yang paling mungkin membantu seseorang menemukan informasi tentang apa yang kita tawarkan?

Apa yang mungkin dicari orang ketika mereka mencari solusi seperti yang kita tawarkan?

Bagaimana kita bisa menggunakan kata kunci dalam teks iklan atau judul iklan kita sehingga jelas dan menarik?

Pilih platform yang tepat.

Sebelum Anda dapat beriklan di Google Ads, pertama-tama Anda harus memilih platform mana yang akan digunakan.

Iklan Google adalah platform yang bagus untuk bisnis kecil. Anda juga dapat beriklan di Facebook dan Twitter, tetapi Google memiliki lebih banyak pengguna daripada platform lain sehingga lebih mungkin orang akan melihat iklan Anda di sana.

Anda dapat menggunakan Google Ads untuk mengiklankan produk, layanan, dan promosi Anda.

Buat iklan yang relevan.

Anda perlu mengetahui target audiens Anda sebelum mulai beriklan. Jika tidak, lalu bagaimana Anda akan tahu apa yang mereka inginkan atau butuhkan? Anda juga harus memahami titik sakit dan frustrasi mereka sehingga ketika mereka melihat iklan Anda, mereka tertarik dengan apa yang ditawarkan. 

Jika pengguna dapat berhubungan dengan perusahaan, produk, atau layanan yang diiklankan, maka ada kemungkinan besar orang tersebut akan mengklik iklan tersebut.

Langkah selanjutnya adalah membuat iklan yang relevan untuk setiap jenis kampanye (misalnya, pencarian, tampilan, dan seluler). Misalnya, jika seseorang mencari "mobil sport untuk dijual" di Google Search Ads (GSA), maka iklan yang menampilkan dealer mobil sport akan sesuai karena iklan tersebut berbicara langsung dengan kueri pengguna ini serta pengaturan lokasi/browser mereka (penargetan lokasi). 

Di sisi lain, jika seseorang hanya menjelajahi Facebook tetapi melihat salah satu iklan Anda saat menggulir ke bawah newsfeed mereka - yang bukan sesuatu yang dilakukan kebanyakan orang kecuali mereka secara aktif melihat sesuatu yang spesifik.

Maka menampilkan gambar dua pria berciuman mungkin bukan ide yang bagus karena sebagian besar pria heteroseksual akan menganggapnya ofensif atau tidak pantas tergantung di mana mereka dibesarkan dan seberapa konservatif keluarga mereka di rumah!

Itulah mengapa kata kunci memainkan peran penting di sini: Pastikan kata kunci tersebut sesuai dengan apa yang dicari pengguna saat berinteraksi dengan semua saluran yang disebutkan di atas secara berurutan sebelum mempostingnya secara online selama periode peluncuran awal."

Tentukan target audiens Anda.

Berapa usia mereka? Apa minat mereka dan berapa banyak uang yang mereka hasilkan? Berapa banyak anak yang mereka miliki dan berapa pendapatan rata-rata keluarga mereka? Singkatnya, siapa mereka dan apa yang membuat mereka unik sebagai sebuah kelompok? Anda harus mempersiapkan ini semua.

Tentukan masalah yang Anda selesaikan untuk mereka.

Apa yang mereka butuhkan atau ingin mereka capai lebih banyak dalam hidup mereka (misalnya: lebih banyak bepergian, menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga, atau meningkatkan produktivitas di tempat kerja). 

Jelaskan masalah ini dalam hal fitur dan manfaat - bukan hanya fitur tetapi juga manfaat sehingga orang memahami mengapa hal itu penting bagi mereka 

(dengan kata lain: "Produk ini melakukan X" vs "Produk ini memungkinkan saya untuk mencapai Y"). Ini akan membantu Anda memposisikan produk Anda dengan lebih baik terhadap penawaran pesaing karena memberi tahu semua orang dengan tepat mengapa produk Anda lebih baik daripada produk mereka!

Siapkan struktur dan anggaran kampanye Anda.

Anda perlu menentukan jenis kampanye, nama, dan anggaran untuk iklan Anda. Apa yang ingin Anda capai dengan iklan ini? Apakah ini kampanye perolehan prospek atau pemasaran ulang? 

Jika pemasaran ulang, apa tujuan iklan Anda? Apakah iklan tersebut perlu mendorong penjualan atau meningkatkan kesadaran merek?

Setelah Anda memilih jenis kampanye dan menyiapkan anggaran, saatnya menentukan opsi lokasi (penargetan) untuk kampanye Anda. 

Ini termasuk penargetan berdasarkan negara/wilayah, bahasa, dan jenis perangkat. Anda juga ingin memastikan bahwa jika Anda memilih untuk menargetkan perangkat seluler saja, tidak ada tumpang tindih dengan jenis lalu lintas lainnya sehingga Google tidak secara tidak sengaja menjalankan iklan berbayar di komputer desktop saat seseorang menggunakan perangkat ponsel atau tablet mereka, bukan komputer laptop di rumah atau lingkungan kerja.

Buat ekstensi iklan yang berbeda.

Ekstensi iklan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan RKT Anda. Misalnya, jika Anda menjual kursus pelatihan anjing, Anda dapat menggunakan fitur "Ekstensi aplikasi" untuk menampilkan garis besar kursus Anda dalam format korsel di halaman hasil penelusuran Google (lihat di bawah).

Untuk membuat ekstensi iklan, buka tab Iklan > Ekstensi iklan > Buat ekstensi iklan baru. Dalam contoh ini, kita akan membuat "Ekstensi aplikasi".

Setelah itu, pilih apakah ekstensi tersebut akan tersedia di semua perangkat dan muncul sebagai ikon di hasil pencarian atau hanya di perangkat seluler. 

Opsi yang Anda pilih tergantung pada jenis produk yang Anda tawarkan dan berapa banyak ruang layar yang dibutuhkan: Jika produk Anda adalah sesuatu seperti album foto atau tutorial video di mana konten mengambil sebagian besar real estat halaman, maka pilih "Semua perangkat." 

Jika apa yang ditawarkan kurang memiliki daya tarik visual seperti daftar periksa, maka pilih hanya perangkat seluler karena ini tidak mungkin menarik perhatian orang di monitor besar dengan banyak ruang putih di sekitarnya (pengecualian di sini adalah jika ada semacam animasi yang terlibat).

Buat beberapa iklan dan uji mana yang lebih efektif dalam konversi.

Sebagai pemasar, Anda ingin menemukan iklan yang paling efektif untuk produk Anda. Anda dapat mengujinya dengan membuat beberapa iklan yang berbeda, dan kemudian mengukur mana yang lebih efektif untuk membuat pengguna melakukan konversi. 

Untuk melakukan ini, Anda perlu membuat hipotesis yang dapat Anda ukur saat Anda menjalankan pengujian. Sebagai contoh:

Jika saya mengubah salinan iklan saya dari "Beli produk kami" menjadi "Gratis ongkos kirim untuk pesanan di atas $100" maka lebih banyak orang akan mengklik iklan saya dan melakukan pembelian di situs saya.

Jika saya menggunakan gambar yang sama di kedua iklan tetapi mengubah warna setiap kotak teks (biru vs hijau), maka lebih banyak orang akan mengklik iklan saya dan melakukan pembelian di situs saya.

Kesimpulan: Jika Anda mempersiapkan diri sebelum mulai beriklan di Google Ads, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mengubah pelanggan baru menjadi pelanggan setia

Sekarang Anda seharusnya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya perencanaan, dan kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Sekarang setelah Anda siap untuk mengambil tindakan, saatnya untuk mulai menggunakan Google Ads! Ingatlah bahwa jika Anda mempersiapkan diri sebelum mulai beriklan di Google Ads, maka Anda akan lebih mungkin untuk mengubah pelanggan baru menjadi pelanggan setia. Jadi, lanjutkan dan mulailah dengan kampanye pertama Anda!

Google Ads adalah cara yang bagus untuk beriklan di internet, tetapi Anda perlu memikirkan apa yang Anda inginkan dari iklan ini. 

Jika Anda tidak tahu apa tujuan Anda dan bagaimana tujuan tersebut dapat dicapai melalui Google Ads, maka sulit untuk memulainya. 

Lebih baik jika Anda meluangkan waktu sebelum memulai dengan jenis kampanye pemasaran apa pun sehingga bisnis Anda tidak membuang-buang uang atau waktu untuk sesuatu yang tidak bekerja dengan baik untuk mereka. 

Kami harap artikel ini membantu menjelaskan beberapa hal tentang Google Ads dan memberikan beberapa tips tentang cara memulai!

Jika Anda membutuhkan layanan jasa Google Ads bisa hubungi kami melalui menu Contact Us