Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Jenis Kampanye Iklan Google Ads yang Tepat

Tips Memilih Jenis Kampanye Iklan Google Ads yang Tepat

Google Ads adalah alat yang sangat ampuh yang dapat membantu Anda menjangkau audiens target Anda. Anda dapat memilih dari berbagai jenis kampanye tergantung pada anggaran, sasaran bisnis, dan jenis iklan yang ingin Anda jalankan. 

Artikel ini akan memberikan gambaran umum tentang setiap jenis kampanye dan menjelaskan cara kerjanya secara terperinci sehingga Anda dapat memilih mana yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

Jenis - Jenis Kampanye Google Ads

Kampanye Jaringan Pencarian

Kampanye jaringan pencarian menargetkan pengguna yang mencari di Google, Youtube dan situs web lain dalam grup yang sama. Dimungkinkan untuk menargetkan kata kunci dan lokasi tertentu.

Keuntungan utama dari jenis kampanye ini adalah dapat digunakan untuk istilah umum (misalnya: "asuransi mobil"). Namun, jika Anda sudah memiliki satu atau lebih kata kunci, maka ini mungkin bukan cara yang paling efisien untuk menghabiskan uang Anda karena ada banyak fitur lain yang tersedia dengan jenis kampanye lainnya.

Google Ads menawarkan tiga jenis Kampanye Jaringan Penelusuran:

Hanya Jaringan Penelusuran: Jenis kampanye ini hanya menyertakan iklan yang ditargetkan di jaringan penelusuran dan tidak akan menampilkan iklan di situs web atau aplikasi apa pun di luar properti Google, seperti YouTube atau Gmail.

Semua Fitur Diaktifkan: Jenis kampanye ini memungkinkan Anda menjangkau pengguna di semua perangkat dan layar dengan menampilkan iklan Anda saat mereka menggunakan layanan lokasi di perangkat seluler mereka; memilih kategori minat (misalnya Perjalanan & Pariwisata)

Menggunakan informasi pribadi mereka seperti rentang usia atau data jenis kelamin saat melakukan penelusuran online; atau membagikan konten dari situs web Anda secara langsung ke aliran media sosial mereka menggunakan fitur daftar pemasaran ulang untuk iklan penelusuran (RLSA).

Universal App Campaigns: Universal App Campaigns memungkinkan pengiklan yang memiliki aplikasi di Play Store/App Store menghasilkan trafik yang dikonversi menjadi unduhan melalui kampanye iklan Google Ads langsung di halaman daftar aplikasi mereka.

Kampanye Jaringan Pencarian

Jika Anda ingin membangun kesadaran untuk merek atau produk Anda, Kampanye Jaringan Penelusuran dapat menjadi cara yang bagus untuk melakukannya. 

Karena kampanye ini menampilkan iklan di halaman hasil Google Penelusuran dan di jaringan iklan yang muncul saat pengguna menelusuri di mesin telusur Google, kampanye ini memungkinkan Anda menjangkau audiens dalam jumlah besar hanya dengan mengklik tombol.

Kampanye Jaringan Penelusuran juga ideal jika Anda mencoba mengarahkan lalu lintas ke situs web atau meningkatkan penjualan-selama ada korelasi yang kuat antara kata kunci yang ditargetkan dalam kampanye dan apa yang dicari orang. 

Ini berarti bahwa jika seseorang mencari "pemasar yang tidak takut angka" (hal yang nyata), maka orang ini mungkin tidak mencari "pekerjaan pemasaran".

Kampanye Jaringan Display

Dalam kampanye Display Network Anda, iklan dapat muncul di samping konten yang relevan atau di dalam konten itu sendiri, tergantung pada bagaimana Anda memilih untuk mendesainnya. 

Iklan bergambar yang muncul di samping artikel berita mungkin ditampilkan karena pengguna tertarik dengan topik tertentu, sedangkan iklan untuk toko bunga lokal bisa ditampilkan jika mereka tinggal cukup dekat untuk mengunjunginya.

Display Network terdiri dari jutaan situs web di lebih dari 2 juta domain dan menjangkau lebih dari 80% dari semua pengguna internet di seluruh dunia. Anda dapat memilih dari ribuan opsi penargetan untuk iklan display Anda termasuk:

Penargetan berbasis pemirsa - Penargetan berdasarkan lokasi, jenis kelamin dan bahasa (termasuk dialek), minat dan daftar pemasaran ulang berdasarkan kunjungan sebelumnya ke situs web Anda

Penargetan berbasis penempatan - Sistem AdWords secara otomatis menampilkan iklan Anda di tempat yang paling mungkin menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar tertarik pada iklan tersebut.

Kampanye Video

Misalnya, jika Anda menggunakan iklan video untuk mempromosikan suatu acara, Anda dapat menggunakan "Umpan balik setelah acara" sebagai tagline dan menyertakan beberapa tombol ajakan bertindak. 

Ini akan memungkinkan pemirsa untuk berbagi pengalaman mereka dengan teman-teman saat mereka menonton iklan video Anda.

Jika Anda memiliki produk atau layanan yang dapat dijual langsung melalui situs web perusahaan (seperti yang ada di Amazon), maka pertimbangkan untuk menggunakan "Beli" dan "Pelajari Lebih Lanjut" sebagai dua tombol ajakan bertindak utama dalam iklan video Anda.

Penting juga untuk diingat bahwa kampanye Google Ads dapat digunakan hanya untuk kesadaran merek saja-yaitu, jika tujuan kampanye Anda tidak secara langsung terkait dengan mendorong konversi atau penjualan sama sekali.

Melainkan mempromosikan sesuatu seperti lini produk baru atau peluncuran layanan yang melibatkan membangun kesadaran di sekitarnya di antara calon pelanggan terlebih dahulu sebelum mempelajari strategi pengoptimalan konversi.

Seperti kampanye pemasaran ulang atau penargetan ulang di kemudian hari ketika sudah ada minat di antara mereka mengenai apa yang sebelumnya dikomunikasikan melalui upaya kesadaran merek melalui penempatan media Google Ads seperti iklan teks di dalam halaman hasil penelusuran sendiri.

Kampanye Belanja

Jika Anda menjalankan bisnis ritel, Google Shopping dapat membantu Anda menjangkau calon pelanggan dengan menampilkan daftar produk Anda kepada orang-orang yang mencari item seperti milik Anda. 

Untuk melakukannya, Anda harus menyiapkan kampanye Shopping. Opsi ini dapat ditemukan di bagian "Shopping" di Manajer Iklan. Saat membuat grup iklan Shopping baru, ingatlah kiat-kiat ini:

Pastikan kata kunci Anda relevan dengan apa yang dijual perusahaan Anda. Jika Anda menjual kamera, jangan gunakan frasa kata kunci yang menyertakan kata-kata seperti "drone" . Hanya pilih kata kunci yang spesifik dan berhubungan langsung dengan penawaran produk Anda.

Sertakan kata tunggal serta frasa (misalnya: lensa kamera).

Gunakan pengubah pencocokan luas saat menyertakan nama merek sehingga pengguna yang tidak memiliki merek akan melihat iklan saat mereka mencari produk terkait (misalnya: Nikon).

Kampanye Penginstalan Aplikasi Seluler

Langkah pertama dalam membuat kampanye penginstalan dan keterlibatan aplikasi seluler adalah menentukan masalah yang ingin Anda selesaikan. 

Apakah Anda ingin meningkatkan unduhan aplikasi? Apakah Anda ingin meningkatkan keterlibatan dalam aplikasi Anda yang sudah ada? Anda bahkan dapat menggunakan iklan seluler sebagai cara untuk mendorong kesadaran atau lalu lintas kembali ke situs web Anda, yang akan termasuk dalam "kampanye konversi".

Sebelum menyiapkan kampanye apa pun, penting bagi Anda untuk menetapkan sasaran untuk diri Anda sendiri. Seperti apa keberhasilan untuk kampanye khusus ini? Apakah saya ingin lebih banyak penginstalan? Lebih banyak pengguna aktif? Berapa banyak sesi tambahan yang saya inginkan per pengguna rata-rata? 

Ini hanyalah beberapa contoh pertanyaan yang akan membantu menentukan di mana fokus iklan seluler Anda seharusnya. 

Menjawab jenis pertanyaan ini akan memungkinkan Anda membuat iklan yang lebih baik dan meningkatkan kinerja dari waktu ke waktu dengan menjawabnya melalui pengujian A/B atau metode lain.

Iklan Kesadaran Lokal

Iklan Kesadaran Lokal dirancang untuk membantu bisnis lokal ditemukan oleh pelanggan di daerah mereka. 

Iklan Kesadaran Lokal membantu Anda menjangkau pelanggan di area yang ditargetkan yang mencari produk atau layanan Anda.

Anda dapat memilih dari tiga jenis iklan Local Awareness:

Ekstensi Panggilan - Menambahkan tombol panggilan di daftar Google Bisnisku sehingga orang dapat menghubungi bisnis Anda langsung dari iklan.

Petunjuk Arah Mengemudi - Berikan petunjuk arah mengemudi ke bisnis Anda dari lokasi mana pun, termasuk yang tidak dekat dengan alamat melainkan tengara (misalnya, "Pusat Kota San Francisco"). 

Ini berguna jika Anda ingin menarik pelanggan yang tidak tahu cara menemukan Anda tetapi tetap menginginkan petunjuk arah; ini juga membantu jika pesaing telah mengklaim kata kunci lokasi yang lebih spesifik terlebih dahulu.

Hasilkan Leads dengan Ekstensi Formulir Prospek Google Ads

Buat formulir prospek yang ramah seluler.

Gunakan tombol ajakan bertindak untuk memberi tahu orang-orang mengapa mereka harus menghubungi Anda.

Tambahkan gambar yang cocok dengan salinan iklan, sehingga pengunjung tahu apa yang mereka klik.

Kampanye Aplikasi Universal

Google Ads Universal App Campaigns (UAC) adalah cara yang bagus untuk mendorong penginstalan dan keterlibatan untuk aplikasi seluler Anda. 

Kampanye ini memungkinkan Anda menargetkan pengguna yang telah menginstal Google Play Store atau Apple App Store di perangkat mereka.

UAC tersedia untuk semua pengiklan, terlepas dari ukuran bisnis mereka. Anda dapat menjangkau pengguna di Google Play dan Apple App Store.

Memilih tipe iklan yang benar untuk kebutuhan bisnis Anda

Ada banyak jenis kampanye Google Ads yang berbeda, dan masing-masing memiliki manfaat yang unik. Saat Anda memilih iklan yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Pilih jenis iklan yang tepat untuk anggaran Anda
  • Pilih jenis iklan yang tepat untuk sasaran Anda
  • Pilih jenis iklan yang tepat untuk menjangkau audiens target Anda
  • Pilih jenis iklan yang tepat untuk mendapatkan lebih banyak konversi

Kampanye Google Ads bisa jadi rumit, namun juga merupakan alat yang ampuh bagi bisnis yang ingin memperluas jangkauan dan mengembangkan basis pelanggan mereka. 

Dengan sedikit pengetahuan dan perencanaan, Anda dapat mempersiapkan diri untuk sukses dengan Google Ads dengan memilih jenis iklan yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. 

Ingatlah bahwa ada beberapa jenis kampanye yang akan membantu Anda menjangkau audiens yang berbeda di seluruh perangkat dan platform-dari komputer desktop hingga smartphone.